Minggu, 26 Agustus 2012

Indonesia in 10 Amazing Destinations

Indonesia in 10 Amazing Destinations

Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda.
Ketika anda berpergian ke luar pulau yang sedang di huni saat ini, setidaknya ada 10 tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Simak ya.


1. Jakarta.

Lebih dikenal sebagai ibukota Indonesia, Jakarta juga merupakan pusat dari pemerintahan, pusat bisnis, konferensi dan hiburan. Indonesia dengan segala kebudayaannya yang sangat komplek dapat di temukan di Jakarta, dengan berkunjung ke berbagai museum yang ada di Jakarta seperti museum Fatahillah dan Monas. Pantainya yang sangat bagus, bisa menjadi koleksi hiburan tersendiri. Aneka ragam hiburan permainan hadir di berbagai tempat. Butuh tempat pertemuan, banyak mall yang menyediakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Bila beruntung, bisa menemukan kebudayaan khas Jakarta yaitu Ondel-ondel dan Ronggeng Betawi.


2. Banten

Banten adalah provinsi di Indonesia yang ke tigapuluh yang di deklarasikan pada tanggal 18 Nopember 2000. Ketika Gunung Krakatau meletus tahun 1883 yang membuat Pulau Sumatera dan Jawa terpisah menjadikan Banten lebih terkenal. Ledakan itu menghasilkan gelombang suara-getar dan stunami hingga ke benua lain, seperti Australia bagian barat dan Eropa. Dan Karakatau masih aktif hingga sekarang. Secara umum, Penduduk lebih banyak orang muslim dan itu yang mempengaruhi kebudayaan yang berada di Banten seperti Masjid Agung Banten yang unik dengan menaranya yang gemuk yang menjadi simbol Provinsi Banten, dibangun sekitar abad ke 16. Bila ingin ke pantai, bisa menuju Pantai Anyer yang sejuk dan berjalan melihat keindahan satwa badak bercula satu. Bila menyukai kebudayaan eksotik, Banten masih menyimpan tempat itu, yaitu suku Badui.

 

3.Jogjakarta

Jogjakarta dengan keindahan pemandangan yang tertiup angin yang sejuk di Pantai Selatan dan sketsa Gunung aktif Merapi yang megah menjadi dayatarik tersendiri. Gunung Merapi merupakan pusat budaya dari tanah jawa, dimana suku dan perkembangan adat pertama terlahir dari tempat tersebut. Istana Jogjakarta atau Keraton Jogjakarta yang menarik bisa menjadi tempat singgah budaya, di bangun oleh Raja Mangkubumi sekarang menjadi tempat tinggal Sultan (Gubernur) dan istrinya. Berkunjung ke Jogjakarta tidak puas jika tidak berkunjung ke Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, yang merupakan Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dan terdapat legenda yang terkenal yaitu Roro Jonggrang. Bangunan utama setinggi 45meter, terdapat 8 candi suci, lebih dari 200 candi kecil dan 20 relief yang mengisahkan tentang cerita Ramayana. Ketika Bulan Purnama, pengunjung dapat menikmati wayang orang bertemakan Ramayana di sebelah barat Candi Prambanan. Bila ingin membawa bermacam buah tangan, Jalan Malioboro menjadi tempat yang pas untuk berbelanja.

4. Jawa Timur

Jawa Timur, termasuk Pulau Madura, adalah provinsi yang terkenal dengan obyek wisata gua, pegunungan yang menjadi icon provinsi ini, Gunung Bromo. Selain Gunung Bromo, bisa berkunjung ke tempat lainnya seperti Taman Nasional (Taman Safari), wisata budaya desa Tengger, petualangan kelautan, Wisata kebudayaan internasional seperti Kerapan Sapi (Bull Race) Upacara Kasada dan Reog Ponorogo. Selain Kerapan Sapi, Pulau Madura juga menyimpan sejuta tempat yang indah lainnya seperti pantai yang indah dan batik tulis khas Madura. Untuk berkunjung ke Madura, bisa dengan kapal Ferry atau dengan berkendara melewati jembatan Suramadu (Surabaya-Madura).

 

5. Lampung

Propinsi Lampung terletak di ujung selatang Pulau Sumatera yang bersebelahan langsung dengan Pulau Jawa. Posisi yang dekat dengan Pulau Jawa (Sunda) yang hanya berjarak sekitar 30 kilometer, dapat dilalui menggunakan transportasi laut maupun darat (bus). Penduduk lampung asli secara umum terbagi menjadi tiga yaitu Orang Abung, Orang Pubian, dan Peminggir yang hidup bersahaja bersama dalam rumah adat yang disebut Kampung Ulok Gading. Rumah ini merupakan pusat arsitektur dari semua rumah adat Peminggir. Beragam Budaya Lampung hadir dengan sejuta keindahan seperti tarian tradisional pada perayaan tertentu, upacara adat dan kerajinan tangan (tenun) yang bisa didapatkan setiap sudut Provinsi Lampung. Belum ingin meninggalkan Lampung, pengunjung bisa mengunjungi Menara Singer yang megah, atau berlari kecil dengan santai di Teluk Kalian dan Tanjung Setia. Bila masih menginginkan sebuah keindahan alam lain, bisa berkunjung di sekitar Gunung Krakatau. Untuk melengkapi jalan-jalan, bisa meluncur ke pusat margasatwa, Way Kambas.




6. Bali

Bali, sering disebut Pulau Dewata, merupakan tempat tujuan utama pelancong di Indonesia, baik domestik maupun luar negeri. Ketika mengunjungi Bali, pelancong akan dimanjakan dengan keindahan alam yang eksotis dan mengangumkan, juga keunikan seni budaya yang menjadikan daya tarik utama ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Tempat melancong ke Bali menyebar di 9 Kabupaten yang berada di Propinsi Bali termasuk didalamnya wisata alam, wisata khusus yang sangat menarik, pertunjukan seni, upacara tradisional, berkunjung ke desa wisata dan segala bentuk kerajinan tangan yang terbaik serta ukiran patung khas Bali. Wisata Alam yang bisa dikunjungi seperti Tanah Lot, Kuta, Danau Bedugul, Tirta Empul dan banyak lainnya. Di berbagai tempat ada pertunjukan seni seperti Pendet, Kecak dan Barong. Sebagai pelengkap bisa melihat upacara tradisional Ngaben.

 

7. Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat terletak di kepulauan Nusa Tenggara dan merupakan perpaduan dari tiga budaya yang berbeda di Indonesia yaitu Jawa Kuno, Islam dan Hindu Bali. Nusa Tenggara Barat merupakan tempat yang sangat potensial untuk dikunjungi karena tidak hanya keindahan alam dan panoramanya saja, namun juga budaya, relief peninggalan jaman kuno, kerajinan tangan dan corak adat yang unik dan menarik, yang menjadikan daya tarik yang berbeda dengan lainnya. Sebagai pemikat yang lainnya adalah pantai-pantai yang masih sangat alami yang dikelilingi oleh pulau kecil disekitarnya ( Pantai Gili) termasuk melihat keindahan bawah lautnya. Apabila menginginkan pengembaraan yang lebih, pelancong bisa menapakkan kaki di Gunung Rinjani dan melihat sketsa alam terbentang luas. Sajian tari perang dapat menambah wawasan budaya setempat. Bila terasa penat di jalan , pelancong dapat menaiki kendaraan khas yang disebut Cidomo.

 

8. Nusa Tenggara Timur

Kepulauan Nusa Tenggara Timur terbagi atas pulau-pulau kecil yang berjumlah 566 pulau, 246 pulau sudah diberi nama dan yang lainnya belum menemukan nama yang tepat. Pulau yang paling besar ada tiga yaitu Flores, Sumba, Timor Barat. Dan kesemuanya memiliki budaya yang sangat menarik dan unik. Pulau Komodo merupakan pulau yang sangat terkenal di Taman Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang didalamnya hidup reptil unik dan ganas yang disebut Komodo. Komodo termasuk kadal besar mempunyai ukuran panjang tiga meter dan berat bisa sampai 100 kilogram. Pulau Komodo sangat terkenal di penjuru dunia, dan banyak turis asing menamai dengan ” Naga Komodo”. Tempat menarik dan indah yang lain untuk dikunjungi adalah Pegunungan dan Danau Kelimutu yang biasa disebut Telaga Tiga Warna (merah, biru dan putih). Pantainya yang elok dapat digunakan pengunjung untuk berselancar diantara ombak yang besar. Sajian musik Sasando dapat menjadikan pelengkap kunjungan ke Nusa Tenggara Barat.

 

9. Jawa Barat

Dengan jumlah penduduk mendekati empat puluh juta, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan penduduk yang besar. Mempunyai luas sekitar 34.736 km yang terbentang dari Laut Jawa di utara dan samudra Hindia di sebelah selatan. Jawa Barat yang kaya keindahan alam seperti gunung berapi yang anggun menjulang tinggi di hutan tropis dan laut biru dengan pantai berpasir berjerumbai dengan pohon yang terkena angin melambai. Jawa Barat memiliki segalanya untuk dikunjungi setiap orang di hari libur seperti budaya, seni, balapan alam, pantai yang elok, atau bersantai di pinggir pantai. Bandung, ibu kota Jawa Barat, yang berjarak 180km dari Jakarta memiliki nama khas “Paris Van Java” karena pohon-pohon yang melintang sepanjang jalan dan nilai artistiknya. Berbagai tempat menarik tersedia untuk melengkapi perjalanan seperti mendaki di Gunung Tangkuban Perahu, berlari kecil menyusuri Pantai Pangandaran. Ditambah dengan melihat mendengarkan alunan musik Angklung yang indah dan Tari Topeng Dermayon yang mengagumkan.

 

10. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu tempat kunjungan yang menarik bagi wisatawan, yang menyuguhkan daya tarik seperti nilai budaya dan alam. Daya tarik tersebut bisa didapatkan dari sebuah warisan budaya jaman dahulu (kerajaan hindu) yang mengangumkan yang terkenal di seluruh dunia, Candi Borobudur. Selain itu, ada warisan budaya dari zaman kerajaan Islam Jawa seperti Keraton, Masjid kuno yang menyebar di sepanjang Jawa Tengah. Menikmati alam yang indah dengan berkunjung ke Telaga Warna di pengunungan Dieng. Melihat warisan budaya seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, Candi Gedong Songo, dan Komplek candi Arjuna. Melilih untuk melihat warisan Keraton bisa berkunjung ke Mangkunegaran dan Kasunanan di Surakarta, ketika ingin menikmati budaya yang bagus dapat berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah dan Masjid Agung Demak.

0 komentar:

Posting Komentar