Selasa, 28 Agustus 2012

Jangan Menunda Ibadah Haji

Jangan Menunda Ibadah Haji

Selain sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap orang muslim yang mampu, pada hakekatnya haji itu adalah bentuk rasa syukur seseorang kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, ketika seseorang sudah mendapatkan rezeki dari Allah SWT dalam bentuk apapun hingga mampu naik haji, maka hendaknya segeralah ia berangkat, jangan menunda-nunda lagi. Sebab kita semua tidak tahu kapan ajal akan tiba menghampiri diri kita.

Allah SWT berfirman,

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Artinya:
padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim[1]; Barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah[2]. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.
(QS. Ali Imran: 97).

Penjelasan:
[1] Ialah: tempat Nabi Ibrahim a.s. berdiri membangun Ka'bah.
[2] Yaitu: orang yang sanggup mendapatkan perbekalan dan alat-alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalananpun aman.

Jelas bahwa kewajiban haji sangat ditekankan oleh Allah SWT, sehingga harus diupayakan. Allah SWT itu jelas Maha Kaya, insya Allah selalu ada jalan untuk seseorang yang benar-benar punya niat untuk berangkat haji

0 komentar:

Posting Komentar